Login SIM Guru Pembelajar Online (GPO) Terbaru 2018

Tips cara login SIM Guru Pembelajar Online (GPO) untuk guru dan tenaga kependidikan terbaru 2018 adalah artikel yang akan saya bagikan untuk Anda semua.

Hi semua, kembali lagi di Login SIM GURU Pembelajar Online atau GPO dimana blog ini saya buat untuk berbagi bagaimana cara untuk login GPO bagi para guru dan tenaga kependidikan yang mana menjadi hal yang sangat penting dan wajib diketahui oleh semua tenaga kependidikan.

Untuk itulah saya membuat blog ini dengan harapan apa yang saya sampaikan bisa mudah diterima oleh Anda semua dan tentunya bermanfaat untuk tenaga-tenaga pengajar di Indonesia.

Oke tidak usah berlama-lama, langsung saja kita mulai artikel kali ini, silahkan disimak dengan seksama dan apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah.

Login SIM Guru Pembelajar Online


Sedikit informasi, bagi yang belum tahu apa itu guru pembelajar akan saya jelaskan. Program Guru Pembelajar adalah diklat bagi para guru pasca UKG tahun 2015 lalu. Terdapat 3 moda diklat menurut kemdikbud, antara lain sebagai berikut:
  • tatap muka
  • kombinasi
  • moda daring atau online
Anda menjadi guru dengan moda diklat moda kombinasi dan moda online? maka Anda wajib mempunyai akun serta akses masuk ke web guru pembelajar yang bisa diakses melalui link berikut: https //sim.guru pembelajar.id

Oh ya jika ada yang belum tahu moda kombinasi, adalah moda gabungan yaitu tatap muka langsung dan secara online.

Oke lanjut...

Anda harus mempunyai akun untuk SIM Guru Pembelajar ini karena sangat amat penting. Dengan melakukan proses login guru pembelajar, Anda dapat mengakses berbagai perangkat pendukung untuk kelancaran guru pembelajar itu sendiri. Hal ini juga sebagai salah satu upaya dari pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk mensupport para tenaga pengajar sebagai Guru Pembelajar dengan mengembangkan sistem berbasis online ini dengan kualitas yang baik untuk guru, kepala sekolah, pengawas serta tenaga kependidikan lainnya.

Kegiatan Guru Pembelajar ini amatlah penting bagi para guru karena mereka dapat mengakses sumber-sumber pelajaran dengan mudah, saling membantu sesama guru dan sharing-sharing seputar dunia pendidikan dengan guru-guru lain. Tentunya sistem ini sangat bermanfaat dan perlu adanya pengembangan terus supaya tenaga kependidikan di Indonesia kualitasnya semakin baik.

Itu dia sekilas mengenai SIM GURU PEMBELAJAR, nah selanjutnya kita menuju ke topik utama kita yaitu mengenai bagaimana cara masuk atau login Guru Pembelajar. Simak step-step dibawah ini...

Cara Login Sim Guru Pembelajar

#1. Kunjungi terlebih dahulu https //sim.guru pembelajar.id

Setelah Anda mengklik link diatas, nanti Anda akan diarahkan menuju halaman untuk login seperti gambar dibawah ini.

SIM Guru Pembelajar Online

Silahkan masukkan email dan kata sandi yang telah Anda miliki pada form yang sudah tersedia. Setelah yakin benar klik Login.

Untuk Anda yang lupa password, silahkan klik lupa password dan nanti Anda akan diarahkan menuju halaman seperti dibawah ini.

sim.gurupembelajar.id

Kemudian silahkan cek email Anda dan atur ulang password tersebut. Bagi yang tidak mendapatkan email setelah mengajukan form diatas, silahkan untuk menghubungi admin Guru Pembelajar dinas, Ketua KKG/MGMP kabupaten/kota setempat atau P4TK yang menaungi Anda.

#2. Mulai Mengakses SIM GPO

Setelah berhasil login, selanjutnya Anda dapat mendownload berbagai perangkat pendukung pembelajaran dilaman tersebut.

Anda dapat mendownload dan mempelajarinya kapan saja dimana saja. Format file biasanya berbentuk pdf yang artinya jika ingin menjalankannya di Android maupun iOS, maka Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi pembaca file pdf. Silahkan cari di play store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Guru Pembelajaran Online


Nah itu dia cara untuk login Guru Pembelajar Online, nah kalau belum punya akunnya gimana? Bagi Anda yang belum membuat atau belum memiliki akun, terlebih dahulu Anda harus membuatnya melalui situs resmi Guru Pembelejar Online ini. Berikut ini step-step untuk mendaftar.

Cara Daftar SIM Guru Pembelajar Online

#1. Kunjungi Terlebih Dahulu Link Ini

Setelah Anda meng klik link diatas, Anda akan dibawa menuju halaman seperti dibawah ini.

http //sim.guru pembelajar.id

Silahkan isi semua form diatas, pastikan data yang ada masukkan sudah benar.



Bagi Anda yang tidak tahu atau lupa no UKG Anda, silahkan klik link yang sudah saya lingkari diatas. Setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini.

sim gurupembelajar

Silahkan isi semua form diatas dan akan muncul nama Anda pada halaman dibawah nantinya. Silahkan salin nomor tersebut dan gunakan untuk login.


Sekali lagi, bila mengalami kegagalan saat proses pendaftaran atau login, silahkan Anda hubungi:
  • Melalui Ketua KKG/MGMP/GUGUSTK/MKPS
  • Melalui Dinas Pendidikan
  • Melalui P4TK
Bagi guru yang gagal dalam melakukan proses pendaftaran pada laman resminya dengan keterangan "akun Anda terdeteksi sudah pernah diaktifkan sebelumnya sehingga tidak dapat dicetak ulang melalui situs ini".

Solusinya Anda harus menghubungi admin Guru Pembelajar dinas, Ketua KKG/MGMP kabupaten/kota setempat atau P4TK yang menaungi Anda. Bilang saja ingin melakukan pencetakan ulang akun atau reset password.

Info tambahan ada pembaruan informasi per tanggal 4 Mei 2017 kemarin. Terdapat perubahan Kriteria Capaian Minimal atau KCM yang mana pada tahun 2016 sebesar 65, pada tahun ini atau tahun 2017 naik menjadi 70. Untuk itu silahkan dicek akun GPO masing-masing. Jika ada yang kurang jelas atau apa bisa langsung menghubungi admin yang telah saya jelaskan tadi.

SIM Guru Pembelajar dapat diakses oleh setiap guru yang nilai UKG nya masuk kedalam kelompok tinggi dengan Moda Daring dan nilai UKG sedang dengan Moda Kombinasi. Selain 2 moda tadi maka menggunakan program tatap muka.

Tim Developer dari SIM GPO ini sangat mendapat dukungan dan apresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia karena melihat besarnya manfaat dari sistem ini. Untuk semakin mempermudah para tenaga pengajar, dibuatlah aplikasi Guru Pembelajar yang berbasis Android dan iOS yang mana akan semakin mempermudah para guru untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Harapan kedepannya, semoga para tenaga pengajar kita dapat memanfaatkan sistem SIM GPO ini dengan semaksimal mungkin dan tentunya akan semakin meningkatkan kualitas para tenaga kerja pendidikan di Indonesia.

2 Responses to "Login SIM Guru Pembelajar Online (GPO) Terbaru 2018"

  1. mengapa tidak bisa login di simpkb? sudah di masukan email dan passwoard ysng sesuai tapi tidak bisa juga. contoh e-mail 201599768890@guruku.id dan pass 0FBAA. mohon bantuannya.....

    BalasHapus